Kamis, 24 Juni 2010

Data Internet Bakal Capai 8.000 Petabytes

Trafik lalu lintas data internet bergerak yang berasal dari PC modem dan routers diprediksi akan meningkat dari 2.000 petabyte menjadi 8.0000 petabytes pada tahun 2014. "Saat ini, untuk trafik data internet mobile
yang disumbangkan dari modem dan router masih paling tinggi dikuasai di Eropa Barat. Namun pada tahun 2014 kami berharap kawasan Asia Pasifik, akan menyusul Eropa Barat sebagai sumber trafik data internet bergerak ini," tukas peneliti dari ABI Research Jeff Orr, kepada TG Daily.


"Kontribusi terbesar untuk kebutuhan internet mobile memang masih berasal dari modem USB. Mengakses internet secara umum paling besar digunakan oleh masyarakat di komputer, baru kemudian disusul menonton video streaming dan TV streaming," tambahnya. Ditambahkan oleh Jeff, saat ini apllikasi telepon berbasis internet atau yang dikenal VoIP memberikan kontribusi yang relatif kecil untuk penggunaan internet secara keseluruhan. Ini lebih disebabkan, karena pembatasan layanan operator itu sendiri.


Dia juga menambahkan bahwa perangkat seperti modem dan router saat ini menjadi salah satu penyebab utama lalu lintas data mobile semakin sibuk. "Ini bukan smartphone, atau komputer dengan radio serbaguna, ini merupakan produk modem yang benar-benar mengarahkan lalu lintas data di jaringan selular di dunia," tandasnya. (tyo-Susetyo Dwi Prihadi-modf.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar