Kamis, 15 April 2010

Amati Hujan Meteor Lyrids

Hujan Meteor diprediksi akan berlangsung sejak malam ini, hingga dalam beberapa hari ke depan. Sayangnya, Jakarta bukanlah merupakan tempat yang bagus untuk menikmati meteor ini.
"Untuk di Jakarta, seperti akan sangat kecil kemungkinannya bisa melihat meteor tersebut. Kalau di daerah pinggiran kota Jakarta mungkin," ujar Peneliti Utama Astronomi dan Astrofisika di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Daerah pinggir kota Jakarta yang dimaksud Thomas adalah daerah yang tidak terlalu terkontaminsai polusi cahaya, dekat dengan langit timur laut dan utara yang terbuka sehingga cukup jelas terlihat meteor-meteor tersebut berpindah tempat, mirip dengan bintang jatuh.


"Problem yang selalu terjadi untuk melihat meteor dengan jelas adalah langit yang biasanya relatif redup. Oleh karena itu dibutuhkan wilayah yang memiliki langit cerah, tidak berawan dan jauh dari polusi cahaya," ujar Thomas. Wilayah Jakarta, lanjut Thomas, memang sangat sulit untuk dijadikan lokasi melihat meteor karena sudah banyaknya lampu-lampu penerangan. Hal inilah yang dimaksud Thomas dengan polusi cahaya. Bahkan LAPAN pun tidak menghadirkan program khusus untuk meneliti dan mengamati meteor Lyrids ini. Selain takut mengecewakan publik karena kondisi langit yang tak menentu, Thomas juga menganggap meteor ini bisa dinikmati oleh warga dimana saja tanpa membutuhkan alat khusus.

Foto ini diambil saat puncak hujan Meteor Lyrid pada pagi hari 22 April 2003
Meteor Lyrids diperkirakan akan muncul mulai tengah malam ini, sepanjang 16 hingga 26 April 2010. Namun karena meteor Lyrids ini masuk kategori meteor sedang maka intensitas meteor yang berpindah hanya mencapai belasan saja. Itupun intensitas tertinggi yang akan terjadi pada puncaknya, 22 April nanti. Meteor Lyrids sendiri berasal dari sisa-sisa debu komet Thatcher atau yang dikenal dengan kode 1860 I, yang artinya komet tersebut ditemukan pertama kali pada tahun 1861. Dinamakan Lyrids yang berarti titik sebaran atau pancaran dari rasi Lyra. Sumber : Sarie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar