Senin, 29 November 2010

Situs Indonesia Mulai Jadi Perhatian Silicon Valley

Dunia internet Indonesia mengalami kemajuan pesat di mana layanan buatan lokal sudah tidak bisa lagi diremehkan dan mampu bersaing dengan layanan sekelas Silicon Valley. ”Sudah saatnya bagi Indonesia berubah dari sekadar
konsumen menjadi produsen layanan-layanan bermutu,” kata Rama Mamuaya, CEO DailySocial.net di Jakarta. Menurutnya, layanan-layanan buatan lokal saat ini sudah mulai bisa bersaing dengan layanan sekelas Silicon Valley. “Indonesia selama ini dipandang sebelah mata, namun belakangan mulai menjadi pusat perhatian banyak pihak termasuk Silicon Valley,” ujarnya.



Seperti kasus Koprol dan Foursquare, banyak orang yang tidak tahu bahwa Koprol diluncurkan satu bulan sebelum Foursquare muncul. Hal ini menunjukkan bahwa dari segi ide, praktisi lokal tidak kalah dengan Silicon Valley. “Ini membuktikan bahwa orang Indonesia sudah memikirkan layanan-layanan yang bisa menandingi layanan Silicon Valley,” kata Rama. Beda produsen Indonesia dan Silicon Valley hanya terletak pada dukungan suasananya di mana sekali meluncurkan maka produk Silicon valley akan diketahui seluruh dunia dan Indonesia hanya sebatas di Indonesia saja.


Saat ini sedang digelar SparxUp Awards 2010 untuk mengajak generasi internet Indonesia agar lebih produktif dalam inovasi. Selain itu, kegiatan ini didorong untuk mewujudkan impian dari mulai ide hingga menjadi layanan kongkrit dan bisnis menjanjikan. Ajang itu juga bekerja sama dengan komunitas penggiat internet seperti FRESH, FOWAB (Forum Web Anak Bandung) dan Bancakan2.0 Yogyakarta. Pemenangnya tidak hanya akan mendapat piala namun pengetahuan, rekanan relevan, serta modal untuk mengembangkan layanan menjadi lebih besar.


Ajang itu dinilai perlu bagi startup company untuk mengembangkan potensi. “Saya yakin acara ini akan menjadi ajang bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan masa depan melalui industri kreatif digital Indonesia,” kata Herman Kwok, Chief Marketing Officer SemutApi Colony.[ito-Billy A Banggawan-modf.]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar